Ribath Darusshohihain adalah bagian dari PP Al Anwar asuhan Hadrotus Syaikh KH. MAIMOEN ZUBAIR yang berdiri sejak tahun 1967 M, berangkat dari perhatian dan kecintaan beliau pada putranya Hadlrotus Syaikh KH. MUH. NAJIH MAIMOEN seusai mengeyam pendidikan di ma’had Daruttauhid di bawah asuhan Assayid Muhammad Alawy Al Maliki. Maka beliau mengutus untuk mendirikan komplek yang nantinya khusus diasuh oleh sang putra. Maka berdirilah komplek Darusshohihain pada bulan April 1995. Nama Ribath Darusshohihain dibuat oleh Beliau sendiri atas dasar kecintaan Beliau terhadap ilmu Hadist.

Dengan undang-undang khususnya yang beliau dasarkan pada pengamalan sunnah Rosul SAW. Dan menanamkan aqidah serta ajaran Ahli Sunnah Wal Jama’ah, komplek Ribath Darusshohihain terus berkembang dan meningkat baik secara kualitas ataupun kwantitas.

Peningkatan jumlah santri yang kami ketengahkan tadi setiap tahunnya mencapai kurang lebih 20 % dari jumlah santri yang sudah menetap di pesantren. Dari jumlah santri yang sekarang ini mencapai 350 santri, menuntut kemandirian didalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran santri, oleh karnanya dari sebuah komplek menjadi Pondok pesantren tersendiri, yang memberikan berbagai macam aktifitas belajar mengajar sesuai kebutuhan para santri.