Site Loader
Toko Kitab

Islam merupakan agama yang senantiasa mampu mengarahkan perkembangan zaman serta mampu menjawab berbagai macam problematikanya, dari waktu ke waktu akan selalu lahir ulama yang saling berkesinambungan dari berbagai penjuru sehingga setiap kali muncul pihak-pihak yang mengupayakan penyesatan terhadap pemahaman agama yang hanif ini (baik pihak tersebut dari internal Islam yang sudah mengalami brainwash ataupun dari musuh islam) Allah SWT akan mendatangkan golongan orang-orang yang siap berjuang di jalan Allah SWT tanpa peduli banyaknya kecaman atau cercaaan, mereka mengemban tugas mulia untuk melindungi dan mengembalikan pemahaman sebagai mana mestinya. Guru kami Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki merupakan salah satu dari golongan yang membentengi alur pemikiran islam melalui karangan-karangannya, salah satunya ialah kitab ”Mafahim Yajibu Antushohah.” Kitab ini merupakan karya besar beliau yang  dinilai sangat fenomenal karena mengkaji permasalahan-permasalahan substansial yang seringkali tidak diketahui oleh umat islam sehingga menjadi celah bagi musuh islam untuk melakukan penyesatan. Dalam kitab ini beliau menyanggah pihak-pihak yang berseberangan dengan beliau  melalui argumen yang ilmiyah, tegas serta sistematis.

Dan Alhamdulillah, atas anugerah Allah beberapa waktu lalu kami telah menyelesaikan karya kami yang kami beri nama:

“جل المواقف وكلمات الإمام السيد محمد علوي المالكي المسطورة في غير كتابه المفاهيم حول القضايا المهمة معرفتها”

Kitab ini sengaja kami dedikasikan untuk guru tercinta kami Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki rahimahullahu ta’ala. Sebenarnya kami tidak berani lancang untuk membedah keterangan-keterangan serta pandangan-pandangan beliau yang tertuang pada kitab Mafahim yang sudah sangat terkenal dan tersohor. Namun karena banyaknya permintaan dari para santri Madrasah Mafahim serta adanya mandat dari kantor Hai’ah Assofwah Al-Malikiyah kami sedikit menulis seputar isi dari kitab Mafahim yang luar biasa ini. Isi dari kitab Mafahim merupakan intisari dari pemikiran guru kami Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yakni konklusi dari hasil diskusi beliau dengan para ulama besar Arab Saudi tepatnya di kota Thaif pada akhir dekade 70 sampai awal dekade 80 M. Namun Alasan inilah yang memotivasi kami untuk kemudian menulis risalah ini dan kami menamainya dengan nama:

“المدخل الى دراسة مفاهيم يجب أن تصحح”

sebagai jawaban atas permintaan dari Forum Alumnus Abuya Sayyid Alawi Al-Maliki. Hal ini kami angggap sebagai perintah langsung dari beliau. Semoga Allah SWT menjadikan risalah ini sebagai risalah yang bermanfaat dan bisa menjadi rujukan generasi Ahlussunah Wal Jamaah pada khususnya, serta bermanfaat bagi ummat islam secara menyeluruh dengan barokah kedudukan Rasulullah Alaihi Shalatu Wassalam yang agung dan keluarga beserta shahabat-shahabatnya di sisi Allah SWT, Alhamdulillahirobbil Alamin.
** KH. M. Najih Maimoen.

Post Author: ribathdarushohihain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Show Buttons
Hide Buttons